Ruang Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan SMA,
Tuesday, June 23, 2020
RPP SATU LEMBAR ( 1 LEMBAR )
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester / Peminatan :
Pertemuan ke :
Tahun Pelajaran :
A. Kompetensi Inti ( untuk mapael Agama dan PPKn )
B. Kompetensi Dasar
C. Pengembangan Materi / Pokok pembelajaran ( berbasis level 3 kompetensi, integrasi PPK dan 4C
D. Tujuan Pembelajaran ( minimal ekwivalen dengan tingkat level yang tertera pada KD )
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( berbasis level 3 kompetensi, integritas PPK , 4C,
menyenangkan dan berdampak )
F. Penilaian
Instrumen penilaian minimal setara dengan tingkatan yang tertera pada KD dan di lampirkan pada
RPP.
G. Sumber, bahan dan alat
Mengetahui Kepala Sekolah Jakarta,.................................................
Guru Mata Pelajaran,
(...........................................) (..........................................)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester / Peminatan :
Pertemuan ke :
Tahun Pelajaran :
A. Kompetensi Inti ( untuk mapael Agama dan PPKn )
B. Kompetensi Dasar
C. Pengembangan Materi / Pokok pembelajaran ( berbasis level 3 kompetensi, integrasi PPK dan 4C
D. Tujuan Pembelajaran ( minimal ekwivalen dengan tingkat level yang tertera pada KD )
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( berbasis level 3 kompetensi, integritas PPK , 4C,
menyenangkan dan berdampak )
F. Penilaian
Instrumen penilaian minimal setara dengan tingkatan yang tertera pada KD dan di lampirkan pada
RPP.
G. Sumber, bahan dan alat
Mengetahui Kepala Sekolah Jakarta,.................................................
Guru Mata Pelajaran,
(...........................................) (..........................................)
Sunday, June 21, 2020
FORMAT RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ )
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah :........................................
Mata Pelajaran :.......................................
Kelas / Semester :.......................................
Materi Pokok :.......................................
Alokasi Waktu :.......................................
A. Tujuan Pembelajaran :
B. Langkah - langkah Pembelajaran :
a. Pendahuluan
1. Melalui media sosial dan aplikasi pembelajaran guru menyampaikan materi yang akan diberikan, mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan di pelajari, manfaat materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-sehari, garis besar cakupan materi, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, garis besar kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Inti
Stimulasi / pemberian rangsangan
Peserta didik memperhatikan dan menyimak tayangan video pembelajaran tentang materi yang diberikan oleh guru melalui WAG atau media pembelajaran lainnya.
Problem statement / identifikasi masalah
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya via WAG atau aplikasi lainnya setelah memperhatikan dan menyimak tayangan video yang diberikan oleh guru.
Data collection / Pengumpulan Data
3. Secara individu, Peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang sedang dipelajari.
4. Secara individu peserta didik mencari contoh video lainnya yang brkaitan dengan materi yang dipelajari.
Data Processing ( Pengolahan Data )
5. Secara individu peserta didik menyelesaikan tugas atau pertanyaan yang diberikan guru.
6. Secara individu peserta didik merancang percobaan yang dilakukan dan menuuliskan hasil percobaan sebagaimana yang diperoleh peserta didik dari sumber lain ( jika melakukan percobaan )
Verification / Pembuktian
7. Peserta didik mengumpulkan tugas .
8. Guru memberikan kunci jawaban atau pembahasan
9. Peserta didik membandingkan antara jawaban yang mereka dengan kunci jawaban.
Generalization / menarik kesimpulan
10. Peserta didik dengan hasil tugas terbaik diapresiasi, peserta didik yang belum memberikan hasil terbaik diberi motivasi
11. Peserta didik menyimak penjelasan guru dari kunci jawaban yang atau pembahasan yang guru berikan.
c. Penutup
1. Melalui WAG atau aplikasi medos lainnya, guru membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran, memberikan umpan balik terhadap proses hasil belajar, merencanakan tindak lanjut dan menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
C. Penilaian Hasil Belajar.
1. Penilaian Sikap :
Teknik : Observasi
Instrumen : Lampiran
2. Penilaian Pengetahuan :
Teknik : Tes tertulis
Instrumrn : Pilihan ganda atau uraian
3. Penilaian Keterampilan :
Teknik : Produk atau unjuk kerja
Instrumen : Lembar penilaian rancangan dan hasil percobaan.
Peserta didik memperhatikan dan menyimak tayangan video pembelajaran tentang materi yang diberikan oleh guru melalui WAG atau media pembelajaran lainnya.
Problem statement / identifikasi masalah
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya via WAG atau aplikasi lainnya setelah memperhatikan dan menyimak tayangan video yang diberikan oleh guru.
Data collection / Pengumpulan Data
3. Secara individu, Peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang sedang dipelajari.
4. Secara individu peserta didik mencari contoh video lainnya yang brkaitan dengan materi yang dipelajari.
Data Processing ( Pengolahan Data )
5. Secara individu peserta didik menyelesaikan tugas atau pertanyaan yang diberikan guru.
6. Secara individu peserta didik merancang percobaan yang dilakukan dan menuuliskan hasil percobaan sebagaimana yang diperoleh peserta didik dari sumber lain ( jika melakukan percobaan )
Verification / Pembuktian
7. Peserta didik mengumpulkan tugas .
8. Guru memberikan kunci jawaban atau pembahasan
9. Peserta didik membandingkan antara jawaban yang mereka dengan kunci jawaban.
Generalization / menarik kesimpulan
10. Peserta didik dengan hasil tugas terbaik diapresiasi, peserta didik yang belum memberikan hasil terbaik diberi motivasi
11. Peserta didik menyimak penjelasan guru dari kunci jawaban yang atau pembahasan yang guru berikan.
c. Penutup
1. Melalui WAG atau aplikasi medos lainnya, guru membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran, memberikan umpan balik terhadap proses hasil belajar, merencanakan tindak lanjut dan menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
C. Penilaian Hasil Belajar.
1. Penilaian Sikap :
Teknik : Observasi
Instrumen : Lampiran
2. Penilaian Pengetahuan :
Teknik : Tes tertulis
Instrumrn : Pilihan ganda atau uraian
3. Penilaian Keterampilan :
Teknik : Produk atau unjuk kerja
Instrumen : Lembar penilaian rancangan dan hasil percobaan.
Friday, June 19, 2020
CARA MEMBUAT BLOG
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh..
Salam sejahtera untuk kita semua
Selamat berjumpa lagi di ruang belajar online. Saat ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman dalam membuat blog. Persyaratan pertama kita harus memiliki akun gmail. langkah pertama buka halaman browsing anda kemudian ketikan bloger.com pada kotak pencarian. Kemudian klik create new blog. Selanjutnya tentukan nama blog yang anda inginkan dilanjutkan dengan membuat alamat blog atau URL nya lalu klik template untuk tampilan blog. Berikut ini adalah bagian dari menu pada blog atara lain :
1. View your blog ( untuk melihat tampilan blog )
2 Post ( halaman untuk memposting artikel )
3 Stats ( halaman untuk statistik aktivitas blog )
4. Comment ( halaman untuk komentar pengunjung )
5 Earning ( halaman untuk melihat penghasilan )
6 Pages ( untuk membuat halaman baru )
7 Layout ( halaman untuk mengatur posisi gatget )
8 Theme ( halaman untuk memilih tampilan blog )
9 Setting ( halaman untuk pengaturan )
Kita dapat membuat artikel pada bagian menu posts. Sedangkan untuk melihat hasil postingan dapat kita lihat di view your blog. Pada menu Stats. kita bisa lihat jumlah pengunjung yang sudah datang ke blog kita. Menu Comment utnuk melihat komentar dari pengunjung. Menu yang tidak kalah pentingnya dengan menu lain adalah menu Earning. Apa itu menu earning, menu earning digunakan jika kita ingin bergabung dengan flatform adsense pada google. Untuk Menu Page itu digunakan untuk menempatkan misalnya kebijakan privaci, site map, dan about me. Layout merupakan menu untuk mengatur tata letak dari komponen pada blog. Sedangkan Theme adalah macam macam tampilan halaman blog kita, pada thema kita dapat memilih model tampilan yang kita inginkan yang terakhir adalah menun Setting menu ini untuk mengatur nama blog, bahasa, email yang kita gunakan, jenis pengaturan komentar dan sebagainya.
Saturday, June 13, 2020
KONVERSI NILAI SISWA
Assalaamualaikum Wr. Wb
Salam sejahtera untuk kita semua
Salam sejahtera untuk kita semua
Melakukan penilaian baik penilaian pengetahuan, keterampilan maupun sikap yang dilakukan berbagai teknik penilaian adalah merupakan salah satu tugas dari seorang guru. Dimana nilai tersebut nantinya akan diolah menjadi nilai rapor yang akan diserahkan kepada wali kelas untuk di dokumentasikan dalam bentuk rapor hasil pembelajaran. Kadangkala banyak ditemukan dilapangan nilai siswa yang masih dibawah nilai KKM . Langkah pertama dalam menangani masalah tersebut adalah dengan cara mengadakan remedial bagi siswa yang belum tuntas akan tetapi setelah dilakukan remedial masih ada saja siswa yang mendapatkan nilai di bawah batas ketuntasan minimal atau KKM. Maka salah satu cara yang dilakukan untuk menyiasati keadaan tersebut adalah dengan cara mendongkrak atau dengan cara mengkonversi nilai. Konversi nilai merupakan tindakan yang relatif adil dalam menaikan nilai siswa. Artinya siswa yang nilainya tidak tuntas menjadi tuntas tanpa melebihi nilai yang didapatkan oleh siswa yang sudah tuntas.
Dengan menggunakan rumus berikut dibawah ini kita dapat mengkonversi nilai siswa dengan cara mengkonversi pada rentang nilai tertentu sehingga siswa yang nilainya tuntas tidak melewati nilai tertinggi. Selanjutnya saya akan memberikan rumus dan penggunaanya dalam mengkonversi nilai
seperti dibawah ini :
RUMUS KONVERSI
Keterangan :
NY = Nilai hasil konversi yang diinginkan
YA = Batas atas nilai konversi yang diinginkan
YB = Batas bawah nilai konversi yang diinginkan
XA = Nilai asli yang tertinggi ( nilai maximum yg didapat siswa sebelum konversi )
XB = Nilai asli yang terendah ( nilai minimum yg didapat siswa sebelum konversi )
NX = Nilai asli yang diperoleh siswa
Contoh Penggunaan
Seorang anak memperoleh nilai suatu mata pelajaran 35 pada rentang nilai 0 sampai dengan 100 dengan nilai KKM sebesar 60. Jika kita ingin menaikan nilai terendah menjadi 60 dan tertingginya 100 maka nilai anak tersebut setelah diubah menggunakan rumus konversi menjadi :
Demikian cara mengkonversi nilai siswa semoga bermanfaat......
Friday, June 12, 2020
METODE ILMIAH DALAM FISIKA
PENGERTIAN METODE ILMIAH
Dalam kamus besar bahasa indonesia metode merupakan cara teratur yang di gunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai yang dikehendaki sedangkan ilmiah segala sesuatu yang bersifat keilmuan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan atau memenuhi syarat kaidah ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari metode ilmiah adalah suatu prosedur untuk mendapatkan pengetahuan yang di sebut sebagai ilmu.
Syarat syarat apakah agar suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu ? Syarat - syarat tersebut dapatkan dari pokok bahasan tentang metode ilmiah. Dalam hal ini akan kita bahas tentang metode ilmiah dalam pembelajaran fisika.
Metode ilmiah dalam fisika merupakan suatu proses keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis dan memiliki bukti fisis. Dalam metode ilmiah fisika terdapat beberapa sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh setiap orang yang akan meneliti sesuatu. Apa saja yang termasuk dalam sikap ilmiah tersebut ? Sikap ilmiah tersebut terdiri dari :
1. Rasa ingin tahu
2. Obyektif ( sesuai fakta tidak dipengaruhi oleh perasaan pribadi )
3 Tekun ( tidak cepat putus asa )
4. Teliti ( tidak ceroboh )
5. Jujur ( tidak mengada ada, dapat menerima hasil penelitiannya apa adanya )
6. Terbuka ( mau menerima dan mendengar pendapat orang lain ).
Apa saja langkah - langkahnya ? Langkah-langkahnya tersebut terdiri dari :
1. Merumuskan masalah, pada tahap ini ada masalah yang akan diselesaikan
2. Mengumpulkan keterangan dalam rangka kajian teori. Pada tahap ini peneliti mencari informasi yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti
3. Menyusun hipotesis. Apa yang dimaksud dengan hipotesi itu ? Hipotesis merupakan jawaban sementara yang berasal dari keterangan yang diperoleh selama masa observasi.
4. Menguji hipotesis, yaitu melakukan percobaan terkait dengan hipotesis yang ada.
5. Mengolah data. Data tersebut diperoleh dari hasil penelitian maupun observasi, dalam mengolah data ini harus obyektif tidak mengada ada.
6. Menguji kesimpulan. untuk meyakinkan kebenaran dari suatu hipotesis yang kita buat maka harus dilakukan kajian ulang, jika kajian ulang hasilnya selaras dengan hipotesis yang ada maka hipotesis tersebut dapat dijadikan sebagai kaidah atau hukum. Demikian tentang metode ilmiah .
Thursday, June 11, 2020
MENYUSUN NILAI DARI APLIKASI SIPINTAR AGAR BERURUTAN SESUAI ABSEN
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh
Pada postingan saya yang lalu sudah dijelaskan cara melihat nilai siswa pada aplikasi sipintar. Apabila kita download nilai siswa tersebut ternyata susunan nama nama pada daftar tidak berurutan atau tidak beraturan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? jawabannya adalah karena pada aplikasi sipintar urutan nama yang muncul itu sesuai dengan waktu penyelesaian ulangan yang dilakukan siswa, jadi untuk siswa yang selesai duluan maka namanya akan tampil pada urutan atas. Sedangkan pada daftar absensi siswa yang ada di sekolah pada umumnya berdasarkan susunan alfabetis sehingga apabila kita ingin memindahkan nilai siswa dari hasil aplikasi sipintar ke daftar nilai yang ada di sekolah sedikit mengalami kesulitan karena harus dipilih satu persatu agar berurutan. Maka dari itu saya mencoba untuk berbagi pengalaman dalam memindahkan nilai siswa dari aplkasi sipintar ke daftar nilai yang kita miliki agar berurutan dengan cepat. Dalam hal ini kita akan menggunakan rumus vlookup pada excel. Langkah pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan file hasil download nilai dari aplikasi sipintar dalam bentuk excel dan file daftar nilai yang versi sekolah yang kita miliki kemudian kita susun dalam bentuk sejajar seperti gambar dibawah ini, Pada kolom yang ingin kita masukan nilai, kita tuliskan rurmus vlookupnya. Pada contoh di bawah ini saya menuliskan rumus vlookupnya pada kolom I baris ke 5 dalam daftar nilai versi sekolah maka pada kolom I lima tersebut saya tulis rumus vlookupnya menjadi =vlookup(H5;$B$5:$C$14;2;0)
Demikian cara menyusun daftar nama yang berurutan semoga bermanfaat. Apabila ada kritik dan saran silahkan tulis dikolom komentar..... terima kasih
Salam sejatera untuk kita semua
Artinya H5 berarti nama siswa urutan pertama pada daftar nilai versi sekolah sedangkan B5 itu nama siswa urutan pertama pada daftar nilai hasil download dari aplikasi sipintar sedangkan C14 itu tempat nilai siswa urutan terakhir dari daftar nilai hasil download aplikasi sipintar , seperti pada gambar dibawah ini sebagi ilustrasi contoh saya memiliki jumlah 10 orang siswa yang bernama A,B,C,D,E,F,G,H,I,J yang sudah memiliki nilai di aplikasi sipintar kemudian saya download dan ingin saya pindahkan nilainya ke daftar nilai yang namanya sudah berurutan. Seperti gambar dibawah ini
Sebelum di edit dan sesudah di edit
Sebelum di edit dan sesudah di edit
Demikian cara menyusun daftar nama yang berurutan semoga bermanfaat. Apabila ada kritik dan saran silahkan tulis dikolom komentar..... terima kasih
Subscribe to:
Posts (Atom)
MATERI FISIKA KLS XI SEMESTER 1 BAB ( 1 )
KOMPETENSI DASAR : Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat dan momentum sudut pada benda tegar ( statis ) dan ( dinamis ) dala...
-
assalaamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh Salam sejahtera untuk kita semua, Di era digitalisasi ini banyak sekali aplikasi yang b...